Sabtu, 29 September 2012

SIOMAY



 


Tradisi di keluarga saya, kalau arisan keluarga para peserta dianjurkan untuk membawa makanan dari rumah masing-masing boleh berupa cemilan, menu utama, minuman maupun hidangan penutup, yang kemudian kami makan bersama pada saat acara. Tujuannya supaya nggak ngerepotin tuan rumah (ya pasti ngerepotin lah ya... secara dia harus nyiapin peralatan makannya he he he..)

Ceritanya saya kebagian tugas bikin siomay. Wah.. seinget saya terakhir bikin siomay dulu waktu saya masih SD bantuin ibu saya. Dan sekarang ibu saya udah nggak tinggal dengan saya lagi, jadilah om google yg jadi andalan saya sekarang.
Setelah baca sana sini, jadilah resep somay kombinasi ala saya :)

Bahan :
200 gram daging ayam cincang
200 gram daging udang cincang 
10 buah tahu putih, lubangi tengahnya (boleh diganti tahu matang)
20 lembar kulit pangsit
1/4 sdt lada bubuk
1/2 sdt garam
1 bugkus kaldu ayam bubuk
1 batang daun bawang, iris halus
2 sdm tepung sagu

Cara membuat :
  1. Campur jadi satu daging ayam dan udang. Aduk rata.
  2. Tambahkan  lada bubuk, garam, kaldu bubuk, irisan daung bawang dan 1-2 sendok tepung sagu. Aduk rata. 
  3. Siapkan cetakan olesi dengan minyak goreng atau margarin. 
  4. Ambil 1 lembar kulit pangsit, letakkan 1 sendok campuran daging lipat/pilin ujung kulit pangsit letakkan dalam cetakan.
  5. Ambil tahu yang sudah dilubangi, masukkan 1 sendok campuran daging ke dalam lubang.
  6. Kukus kurang lebih 30 menit atau sampai somay matang. 
  7. Angkat dan sajikan hangat dengan saos botol atau saus kacang.


 Selamat mencoba.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar